Bulan Kitab Suci Nasional 2020

Amalkan Pancasila - Kita Adil, Bangsa Sejahtera BKSN 2020

Bersama Keluarga, anak terbiasa membangun kehidupan doa, membaca & mencintai Kitab Suci.

Anak mengenal kisah Kitab Suci yang dapat dikaitkan dalam kehidupan harian mereka sebagai pribadi, keluarga, lingkungan, paroki, dan bermasyarakat.

Melalui Bulan Kitab Suci Nasional ini seluruh umat beriman KAJ (termasuk anak) terlibat aktif dalam gerak Keuskupan Agung Jakarta untuk berjuang menegakkan keadilan dalam wujud tindakan nyata. Sungguh sebuah karya Roh Kudus untuk Gereja KAJ, di mana tema ini hadir ketika seluruh umat manusia mengalami situasi yang tidak mudah karena merebaknya wabah virus Corona. Situasi itulah yang mendorong segenap keluarga beriman KAJ untuk bertindak secara nyata bagi sesama yang membutuhkan: "Berilah keadilan kepada orang yang lemah dan kepada anak yatim, belalah hak orang sengsara dan orang yang kekurangan!" (Mzm 82:3)

Mari gunakan kesempatan ini sebagai momentum Keluarga menumbuhkan kebiasaan hidup doa bersama dan membangun kepedulian dengan melakukan tindak nyata sebagai sebuah jawaban kongkrit atas panggilan kita menuju kesucian hidup kristiani yang didasari oleh Kitab Suci, dan tradisi kristiani.

 GAGASAN POKOK: Sepanjang Bulan Kitab Suci Nasional 2020 seluruh keluarga Katolik dituntun "MENJADI SAUDARA YANG ADIL DI MASA PANDEMI"

  1. Tema pertama, "Bapa Kami Yang Maha Adil", menggali sifat Bapa yang Maha Adil dalam doa Bapa kami. Tema ini menjadi sebuah pijakan dasar bagi kita, sebagai anak-anak Allah, untuk juga bersikap adil kepada sesama yang membutuhkan (Matius 6: 9-13).
  2. Tema kedua, "Allah Yang Hadir Sebagai Korban Ketidakadilan”, membuka mata kita akan panggilan dasar kita sebagai orang kristiani untuk selalu berbela rasa dengan para korban ketidakadilan di sekitar kita. Di dalam diri merekalah kita bisa menemukan Allah (Matius 25: 31-40)
  3. Tema ketiga, "Menjadi Umat Yang Berbela Rasa" mengajak kita untuk melihat betapa sejak Gereja Perdana, umat kristiani sudah identik dengan umat yang memperhatikan mereka yang kecil, miskin, sakit dan menderita. Tongkat estafet itu sekarang ada di tangan kita untuk kita lanjutkan kepada generasi berikutnya (Markus 2:1-12)
  4. Tema Keempat, "Menjadi Saudara Dalam Penderitaan", mengajak kita untuk merefleksikan sikap dan pemahaman kita terhadap segala materi dan harta kekayaan di dunia ini. Kekayaan adalah sebuah kesempatan bagi semua orang untuk bersikap adil, berbela rasa dan menolong sesama yang membutuhkan. Caranya adalah dengan berani menjadi saudara dalam penderitaan (Lukas 16:19-30)

Sumber dari :

#KAJ (Keuskupan Agung Jakarta)

#Dokumentasi dan Publikasi

 

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
CERITA PERAYAAN NATAL DI TK RICCI 1

Perayaan Natal anak-ank TK Ricci 1 kali ini dirayakan di hari Jumat, 7 Januari 2022. Perayaan Natal masih dilakukan secara online melalui zoom yang dimulai pada pk 08.00 s.d. 09.20 wib.

07/01/2022 21:41 - Oleh - Dilihat 1110 kali
Perayaan HPS ( Hari Pangan Sedunia ) bersama TK RICCI 1

Tahun 2021 ini perayaan HPS berbeda pelaksanaan dari tahun kemarin. Kegiatannya ada 2 yaitu : Pada hari Senin,19-11-2021 dilakukan di ZOOM kelas masing-masing. Dimulai pada pukul 08.0

19/10/2021 19:44 - Oleh - Dilihat 614 kali